Al Ikhlas

1. Katakanlah : Dia-lah Allah, Yang Maha Esa 2. Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu 3. Dia tiada beranak dan tidak pula diperanakkan 4. Dan tidak ada seorangpun yang setara dengan Dia (Al-Qur'an Surat Al-Ikhlas 112)

Sabtu, 01 November 2014

Gua Kampret /Gua Kalelawar/Bat Cave Bukit Lawang Sumatera Utara

Gua Kampret /Gua Kalelawar/Bat Cave Ini Lokasinya Kira-Kira 1,5 Km Dari Pintu Masuk Objek Dan Daya Tarik Wisata Alam (ODTWA) Yang Terkenal Di Dalam Kawasan Taman Nasional Gunung Lauser (TNGL) Yaitu Pusat Pengamatan Orang hutan Sumatera - Bukit Lawang Di Kawasan Wisata Alam Bukit Lawang - Bohorok, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara.
Tetapi Gua Gua Kampret /Gua Kalelawar/Bat Cave Ini Ternyata Bukan Milik Pemda Langkat, Sumut, Atau Masuk Di Kawasan Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL), Namun Gua Kampret /Gua Kalelawar/Bat Cave Ini Milik Pribadi.
Pemiliknya Akan Kita Jumpai Saat Kita Mau Masuk Ke Gua Kampret /Gua Kalelawar/Bat Cave Tepatnya Di Dekat Pintu Masuk Di Sebuah Gubuk Beratapkan Terpal Biru, Waktu Itu Bapak Gemuk Berkulit Agak Gelap Ini Hanya Berdua Dengan Seorang Anak Muda, Dan Untuk Masuk Ke Gua Kampret /Gua Kalelawar/Bat Cave Kita Harus Bayar Rp.5000/Orang Dan Rp.3000/ Sewa 1 Senter.
Cukup Murah Bukan Dan Saya Sarankan Untuk Menyewa Senter Karena Di Dalam Gua Ini Sangat Gelap.


Gbr. Pintu Gua.



Gbr. Jembatan Gantung Menuju Gua.


Waktu Pergi Melewati Jembatan Ini Tuh Ada Rasa Takut Jatuh Cuz Goyang-Goyang, Tapi Pas Lihat Air nya Langsung Terpikir Kalau Pulangnya Harus Mandi Di Sungai Ini Hahahah Pasti Seger Banget Airnya, seAndainya Di Martubung Ada Sungai Seperti ini ;)
Setelah Melewati Sungai Ini Kita Masih Harus Melanjutkan Perjalanan Melewati Perkebunan Karet Dan Sawit, Jalan Nya Kecil Tapi Bagus.


Gbr : Parkir Kereta.

Parkir Kereta Di Sini Cukup Mengerihkan Karena Tempatnya Yang Sunyi Di Pinggir Jalan dan Juga Tidak Ada Yang Menjaga "Jadi Tidak Ada Jaminan Keamanan" Namun Kata Saudara Ane Si Nasir "Warga Bukit Lawang" Keretanya GPP Cuz Yang Lewatuh Cuma Orang Yang Pergi Ke ladang/kebun Dan Belum Ada Kejadian Hilang, Cuma Jangan Lupa Di Kunci Setang + Kunci Tambahan Biar Lebih Aman.


Gbr. Petunjuk Arah Ke Gua.


Dari Tempat Parkir Ini Ternyata Kita Harus Jalan Lagi, Kira-Kira 100 meter Ada Kayaknya ;)


Gbr.Dekat Gubuk Tenda Biru dan pemilik Gua.



Gbr. Jalan Masuk Menuju Gua.


Pertama Jalan masuk Meuju Gua Kampret /Gua Kalelawar/Bat Cave Kita Sudah Di Tantang Untuk Naik tangga kayu dan akar-akar Pohonlah yang membantu kita memanjat batu licin dan berlumut. Hingga Kita Memasuki Pintu Gua Gua Kampret /Gua Kalelawar/Bat Cave.
masuk dari pintu Gua ruangan yang luas Dan penuh cahaya dari celah-celah Pintu Gua Dan di sini Tanah Gua Masih cukup kering.


Gbr. Di Dalam Gua Gua Kampret /Gua Kalelawar/Bat Cave


Gbr.Di Dalam Gua Kampret /Gua Kalelawar/Bat Cave


Perlahan-lahan masuk kedalam gua ini sangat menarik, Cahaya Matahari Mulai Tidak Keihatan,Udara sedikit Pengap, Keadaan Gua Yang Lembab dan ada air yg menetes dari atap gua, ruangan gua juga ada yg sempit dan ada yg luas dengan dinding dan atap yang bermacam bentuk dan sangat menarik,Dan Pastinya Kita akan menjumpai ribuan kalilawar dan itulah kenapa gua ini di namakan Gua Kampret /Gua Kalelawar/Bat Cave, suara-suara kalilawar ini cukup mengerihkan + bau kalilawar juga akan kita nikmati ;), kalilawar ini banyak kita jumpai di atap-atap gua, dan semakin dalam kalilawar ini seperti menyambar-nyambar di atas kepala mungkin dia sedikit terganggu dengan kehadiran kami dengan suara kami yang agak berisik, selain kalilawar di gua ini juga di huni seperti burung wallet, dan sangkarnya itu kita jumpai di dinding-dinding gua, tapi jangan di ambil ya kasihan, di dalam gua ini juga ada bagian yg berair seperti sugai tapi kecil sekali, dengan air yang dingin dan batu2 kecil yang cantik, oh ya Gua Kampret /Gua Kalelawar/Bat Cave ini panjangnya kira-kira 600 meter, kita akan menemui 3 lubang tinggi yang tembus ke atas, dan di akhir gua ini itu buntu jadi untuk kembali kita harus melewati gua ini lagi, Itu seru.
Tips. untuk mengambil gambar di dalam gua bawalah camera yang memiliki fitur bisa mengambil foto di tempat yg gelap/tidak ada cahaya.


Gbr. Atap Gua Kampret /Gua Kalelawar/Bat Cave


Gbr. Dinding Gua Kampret /Gua Kalelawar/Bat Cave


Gbr. Di Dalam Gua Kampret /Gua Kalelawar/Bat Cave


Gbr. Lubang Yang Tembus Ke atas dari dalam Gua Kampret /Gua Kalelawar/Bat Cave


Gbr. Kalilawar yang bergantungan di atap Gua Kampret /Gua Kalelawar/Bat Cave


Gbr. anak burung dengan sangkarnya di dinding Gua Kampret /Gua Kalelawar/Bat Cave 8


Gbr. Gua Kampret /Gua Kalelawar/Bat Cave


catatan :
Harga Masuk Dapat Berubah Sewaktu-Sewaktu, saya (2013)
Ukuran panjang gua Dan Jarak tempuh Hanya Perkiraan Dari Penulis.

ARTIKEL TERKAIT :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar